Danrem 101/Ant, TMMD 112 Ciptakan Aselerasi Pembangunan Daerah

 


Kotabaru. TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemda dan Komponen Bangsa lainnya, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat  dan desa dengan membangun dan merehab sarana dan prasarana wilayah dan fasilitas sosial/umum.



Kegiatan TMMD ke 112 Kodim 1004/Kotabaru di Desa Rampah Manunggul Kec. Kec. Sungai Durian Kab. Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan resmi dibuka oleh Sekda Kab. Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, M.M, yang dihadiri oleh Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah, pada Rabu (15/9/2021) bertempat di Gedung Paris Barantai Kotabaru



Tampak hadir Kasi lntel Korem 101/Ant Letkol Inf Subagio Prayitno, Ketua DPRD Kotabaru, Dandim 1004/Ktb, Danlanal Kotabaru, Kapolres Kotabaru dan Kajari Kotabaru.



Desa Rampah Manunggul merupakan salah satu desa yang berada di Kec. Sungai Durian Kabupaten Kotabaru , desa ini merupakan desa yang tertinggal diantara desa-desa lain yang ada di Kabupaten Kotabaru, Desa ini yang jauh dari pusat keramaian, merupakan  daerah yang terpencil dengan kondisi geografis yang bervariasi.  



Jarak dari ibu kota provinsi Kalsel kota Banjarmasin sekitar 300 Km dengan menempuh jarak sekitar kurang lebih 9 jam. Pelaksanaan TMMD ke 112 Kodim 1004/Kotabaru dilaksanakan mulai tanggal 15 September sampai dengan tanggal 14 Oktober 2021.



Adapun sasaran TMMD ke 112 yang dilaksanakan Kodim 1004/Kotabaru adalah sasaran fisik dan non fisik.



Untuk Sasaran fisik berupa pembukaan jalan  sepanjang 10 m x 6000 m di desa Rampah Manunggul RT 06/02, pengerasan badan Jalan sepanjang 1.300 m, pembuatan Drainase  80 cm x 6000 m, rehab rumah tidak layak huni  dan pembangunan MCK.



Sedangkan untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan Bela Negara, penyuluhan Hukum, penyuluhan KB, penyuluhan Binmas, penyuluhan pencegahan penularan Covid-19 dan penyuluhan Stunting, Posyandu serta Posbindu PTM.



Jika dilihat dari aspek out put kegiatan sasaran fisik TMMD ke 112 Kodim 1004/Kotabaru bidang perekonomian mempunyai tujuan guna untuk mempermudah distribusi hasil pertanian, meningkatkan kesejahteraan (memangkas biaya produksi)



Bidang Kesehatan menciptakan lingkungan yang sehat menuju kepada produktivitas kerja.



Sementara itu untuk sasaran non fisik mempunyai tujuan untuk menumbuhkn kesadaran masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 termasuk dalam pelaksanaan vaksinasi.       



Danrem 101/Antasari Brigjen TNl Firmansyah menyampaikan bahwa Kegiatan TMMD ke 112 yang dilaksanakan oleh Kodim 1004/Kotabaru mempunyai lokasi yang strategis yaitu merupakan daerah terpencil, terisolir juga terdapat daerah perbatasan" sebutnya



Lebih lanjut “Dengan adanya kegiatan TMMD  ini nantinya dapat mempermudah masyarakat untuk melaksanakan kegiatan, baik itu untuk meningkatkan perekonomian, pendidikan maupun mengangkut hasil pertanian”


" Kegiatan ini merupakan sinergitas antara TNl/Polri, Pemerintah Daerah, dan juga masyarakat dengan harapan agar tercipta aselerasi pembangunan daerah sehingga tidak ada lagi daerah yang terisolasi" pungkasnya



Sementara itu Bupati Kab. Kotabaru  dalam sambutannya menyampaikan

"Hakekat Pembangunan Daerah adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan Masyarakat secara terpadu serta Berkesinambungan" dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Kotabaru



Lebih lanjut "Kegiatan TMMD bertujuan untuk melakukan percepatan dan Pemerataan pembangunan diwilayah pedesaan pada Khususnya sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat dalam upaya Peningkatan Kesejahteraan" pungkasnya



Pelaksanaan TMMD ke-112 Kodim 1004/Kotabaru dengan melibatkan personel nyata dilapangan TNI AD  119 orang, TNI AL   10 orang, Polri  10 orang dan Pemda  11 orang.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama