Babinsa dan Masyarakat Desa Kebonsari Lumajang Benahi Saluran Irigasi Sepanjang 200 Meter

 


Lumajang, Pendim 0821 - TNI Koramil 0821/11 Yosowilangun dan masyarakat gotong royong untuk memperbaiki saluran irigasi, di Desa Kebonsari Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Rabu (16/3/2022).


Saat kegiatan tersebut, Babinsa Kebonsari Serka Sriyono mengungkapkan, bahwa memperbaiki saluran irigasi sepanjang 200 meter itu dikerjakan secara gotong royong. Menurutnya, keterlibatan TNI dalam kegiatan itu, selain turut mempercepat juga untuk memupuk kemanunggalan antara TNI dengan rakyat.


Lebih lanjut, dia juga mengungkapkan, dampak baik dari upaya perbaikan saluran irigasi secara langsung, yakni mencegah terjadinya bencana, karena irigasi yang mati akan menyebabkan melubernya air dari saluran.


"Mengingat, saat ini intensitas hujan tinggi, maka dari itu kegiatan ini digagas, kemudian dilaksanakan bersama - sama. Saat ini kita perbaiki saluran irigasi yang mati, agar aktif kembali salah satunya yaitu dengan pengecoran atau pembuatan plengsengan," ungkap dia.


Ia menambahkan, bahwa gotong - royong merupakan warisan budaya Bangsa Indonesia yang harus dilestarikan, karena itu menjadi salah satu perekat silaturahmi diantara anak bangsa. Bahkan, dalam berbagai kegiatan, semua bisa teratasi dengan menerapkan sistem gotong royong ini. Selebihnya, perbaikan irigasi dinilai bisa mencegah tergerusnya badan jalan akibat luapan air.


"Ini sudah menjadi komitmen kita sebagai anggota TNI untuk selalu bisa membantu dan terlibat dalam kegiatan rakyat disekelikingnya, sekaligus mempererat kemanunggalan TNI dengan Rakyatnya agar semakin kuat," pungkasnya. (Pendim 0821)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama