Police Go To School, Polsek Blahbatuh Berikan Pembinaan Kesadaran Bela Negara



BLAHBATUH-Dalam rangka menjadikan membentuk kesadaran khususnya siswa yang terlibat dalam upaya bela negara, maka perlu dilaksanakan pembinaan kesadaran bela negara.


Untuk itu, perlu ditanamkan dan diajarkan lima dasar dari bela negara yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta kemampuan awal bela negara baik psikis maupun fisik.


Menyadari pentingnya kesadaran Bela Negara sejak dini, Polsek Blahbatuh melalui unit Binmas "Go To School" mendatangi sekolah untuk memberikan pembinaan sekaligus menyerahkan sarana kontak buku tulis di SD Negeri 1 Pering, Selasa/30 Agustus 2022.


Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama,S.H. menyebutkan, upaya bela negara bukan hanya tugas dari TNI dan Polri, namun semua komponen bangsa.

“Komponen bangsa juga mempunyai tugas dalam upaya bela negara”, ujarnya.


Disamping itu, upaya bela negara tidak hanya berbentuk kegiatan yang berbau militeristik, tetapi semua kegiatan yang merupakan implementasi dari nilai-nilai bela negara.


”Contohnya belajar dengan rajin bagi para pelajar, tidak menyebarkan berita hoax, dan ujaran kebencian, hidup bertoleransi, melestarikan budaya, taat akan hukum dan aturan, melaksanakan ketertiban negara, memakai produk Indonesia, menjaga nama baik bangsa dan negara, berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di bidang ilmu dan olahraga, gotong royong  dan mengamankan lingkungan sekitar”, tandas Kapolsek.


“Selain itu juga berprestasi dalam mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia di dunia serta ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan merajut persatuan dan kesatuan sesama bangsa”


Kapolsek menekankan pentingnya pembinaan sejak dini terkait Bela Negara, “Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk membentuk Generasi Muda yang handal dalam meneruskan Tongkat estavet Kepemimpinan Bangsa”, tutup Kapolsek Made Tama.  *

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama