Bersatu Bangun Bangsa, Kodam IX/Udayana Gelar Upacara Bendera Memperingati Hari Sumpah Pemuda



Denpasar - Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022, Kodam IX/Udayana melaksanakan Upacara Bendera dilapangan Prajaraksaka Kepaon, Kota Denpasar, Provinsi Bali dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa”. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Danrem 163/WSA Brigjen TNI Choirul Anam, S.E., M.M., Jumat (28/10/2022).


Upacara ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih. Kemudian Danrem membacakan  amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Republik Indonesia (RI), dengan menyampaikan, peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.


Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memiliki arti penting dan memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.


“Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa,” kata Menpora RI dalam amanatnya.


Nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang. Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa. Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah.


Selanjutnya, Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan Bangsa Indonesia di masa yang akan datang.


Mengakhiri amanatnya, Menpora mengajak seluruh elemen bangsa agar terus menghimpun  kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa.


“Marilah kita jadikan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia,” pungkas Menpora RI, Zainudin Amali. (Pendam IX/Udy)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama