Kapolsek Payangan Hadiri Giat Rapat Kordinasi Dalam Rangka Harkamtibmas Perayaan Hari Raya Nyepi Caka 1945

 


Polsek Payangan, Kapolsek Payangan Polres  Gianyar AKP. I Nengah Sona, S.H. bersama Forkompincam dan unsur tokoh masyarakat melaksanakan giat  Rapat  koordinasi dalam rangka pengamanan rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi tahun caka 1945 tahun 2023 di wilayah Kec. Payangan, bertempat di Kantor Camat Payangan, Sabtu (18/3) pagi.


Kegiatan tampak dihadiri oleh Camat Payangan I Wayan Widana, S.STP, Danramil 1616/07 Payangan Kapten Inf. I Wayan Sudana, Wakapolsek Payangan Iptu I Putu Gede Agung Ariawan, S.H., Perbekel Sekecamatan Payangan, MDA Kec. Payangan I Ketut Rata, B.A. dan tokoh masyarakat.


Camat Payangan I Wayan Widana, S.STP yang membuka acara menyampaikan bahwa rapat koordinasi dilaksanakan dalam rangka pengamanan rangkaian Hari Raya Nyepi Caka 1945.


"Terkait dengan pengerupukan dalam pengarakan ogoh-ogoh diharapkan tidak sampai menimbulkan kemacetan lalu lintas, dimana sebagai penanggungjawab Bendesa Adat masing-masing sehingga tidak terjadi gangguan kamtibmas," ucapnya.


Lebih lanjut Terkait teknis pengaturan lalu lintas dalam pelaksanaan Tawur Agung Kesanga diharapkan kepada pihak Polsek Payangan dapat melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di Catus Pata Payangan.


Sementara itu Kapolsek Payangan AKP I Nengah Sona, SH menyampaikan bahwa pihaknya siap melakukan pengamanan rangkaian hari raya nyepi dan rencananya akan  melakukan penilaian serta memberikan hadiah dalam pembuatan ogoh-ogoh sebagai bentuk apresiasi Polsek Payangan kepada  anak- anak muda dalam berkreatifitas.


"Nantinya, kami harapkan dalam pengarakan ogoh ogoh agar diawasi dengan ketat, diharapkan sebagai pengarak tidak minum minuman keras karna hal tersebut memicu konflik gangguan Kamtibmas, agar para pecalang dilibatkan untuk turut serta pengamanan," tegasnya


selain itu Pengarakan ogoh-ogoh rutenya harus diketahui sehingga pelaksanaan pengerupukan diwilayah Kecamatan Payangan dapat berjalan kondusif. 


Tak hanya itu, Kapolsek Payangan juga menekankan kepada Babinkamtibmas harus cepat dan tanggap, adakan koordinasi dengan instansi terkait di Desa, bilamana ada indikasi kearah yang negatif segera dilaporkan, selesaikan permasalahan ditingkat bawah terlebih dahulu.


Danramil Payangan Kapten Inf I Wayan Sudana menyampaikan bahwa pihaknya  siap mengerahkan personil untuk memback Up kepolisian melakukan pengamanan di masing masing wilayah agar kamtibmas kondusif.


Kemudian MDA Kecamatan Payangan I Ketut Rata menyampaikan terkait  dengan Tawur Agung Kesanga menggunakan Konsep sarwa sedata dan pelaksanaan Melasti untuk Kecamatan Payangan dilaksanakan pada Purnama Kedasa tanggal 5 April 2023 serta sudah memberikan surat edaran kepada masing-masing Desa Adat.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama