Pasraman Non Formal Taman Dharma Kerti Menyelenggarakan Worshop,"Menata Upakara Banten Pejati Sebagai Simbol Ritual."



Badung-Pasraman Non Formal Taman Dharma Kerti Melaksanakan kegiatan workshop yaitu lomba menata upakara banten pejati yang diselenggarakan pada hari Minggu pagi(5/05/2023) bertempat di wantilan DPRD Badung.


Kegiatan workshop tersebut dihadiri oleh Ketua Pasraman Taman Dharma Kerti Ida Ayu.Utami Dewi,Ida Bagus Made Wirama SE.,Mpd.H,Ketua PHDI Badung yang mewakili,Kabid kebudayaan Badung Ida Bagus Agung Munika, SH.M.Si, Bendesa adat Lukluk yang mewakili,camat mengwi yang mewakili,perwakilan dari Kemenag Badung Ni Nengah  Rasmiati serta nampak hadir Ketua Komisi IV DPRD Badung I made Suwardana,SE.


Hadir juga dari masing-masing desa Lukluk,Anggungan,Kapal,Sading,dan Sempidi yang menjadi peserta workshop,jadi total peserta ada 125 orang.


Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan tersebut supaya masyarakat dan para peserta dapat mengerti filosofi,etika dan sastra agama serta dapat menerapkannya dalam keluarga dan lingkungan sekitar bahkan masyarakat luas.


"Pejati memang sudah biasa dikerjakan di rumah,pejati merupakan simbol yang luar biasa karena kalau dikerjakan dengan benar dapat memberikan terang dalam kehidupan kita,"ucap Ida Ayu Putu Utami Dewi,S.Pd.,MPd.H.


Juga pentingnya mengetahui susunan upakara banten pejati yang benar dan tepat merupakan suatu permohonan kepada Sang Hyang Widhi Wasa,terang Ketua Pasraman.


Dalam sambutannya Ni Nengah Rasmiati dari perwakilan kemenag Badung mengatakan bahwa sebagai naungan dalam kemenag Kab.Badung semoga acar ini bermanfaat dan dapat mengembangkan ajaran agama Hindu yang benar.


Berbangga sekali telah dapat melaksanakan kegiatan yang luar biasa ini,imbuhnya.


Diakhir acara Ketua Pasraman Ida Ayu Putu Utami Dewi mengucapkan terima kasih kepada ketua DPRD Badung,para Bendesa yang telah mengirimkan peserta workshop sehingga acara Workshop ini berjalan lancar berkat dukungannya,tutup Ida Ayu Putu Utami Dewi,S.Pd.,MP.d.H.


(Ardy)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama