Demi Kesehatan Warga, Satgas Yonif 310/KK Lakukan Pengobatan Keliling Di Pedalaman Papua


Pegunungan Bintang-Sebagai wujud kepedulian dan perhatian terhadap kesehatan masyarakat, Pos Batom Satgas Yonif 310/KK rela keliling Kampung melakukan pengobatan dari rumah ke rumah atau door to door gratis di Kampung Batom 2, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Minggu (25/2/2024).


Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Senin (26/2/2024).


Dikatakan Dansatgas, kegiatan ini bertujuan untuk mengecek dan memastikan kondisi kesehatan warga masyarakat, dikarenakan masih tingginya penyebaran malaria di daerah ini.


"Melihat kondisi cuaca yang tidak menentu, banyak warga yang melaksanakan berobat di pos (Satgas TNI). Dengan kekosongan tenaga kesehatan di Puskesmas, kami memutuskan untuk melaksanakan pelayanan kesehatan keliling di wilayah Batom," ungkap Dansatgas.


Lanjut dikatakan, bahwa dengan melakukan pelayanan door to door akan membantu masyarakat yang rumahnya jauh dari pos untuk berobat, disamping kegiatan ini untuk lebih mengakrabkan jalinan persaudaraan antara Satgas dengan warga masyarakat.


Ditambahkan Dansatgas, pengobatan keliling ini di pimpin langsung oleh Danpos (Komandan Pos) Batom Letda Inf Ekko Effendi. Dalam pelaksanaannya lebih kurang 40 warga telah diperiksa kondisi kesehatannya, didapati sebagian warga menderita demam, batuk, ispa serta luka.


"Ini cara kita untuk bisa lebih dekat dengan masyarakat, pelayanan kesehatan sangatlah sulit dijangkau, untuk itu kita jemput bola, demi melihat kondisi ataupun keadaan kesehatan masyarakat seperti apa," tambah Letkol Inf Andrik Fachrizal.


Lukas Prui (61) selaku Kepala Kampung Batom 2 mengucapkan rasa terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK yang telah peduli akan kesehatan warga di kampungnya.


"Sa sangat senang dan terbantu dengan adanya pengobatan yang dilakukan Bapak TNI,  kami dapat berobat gratis tanpa jauh-jauh datang ke Pos, terima kasih TNI semoga Tuhan memberkati," ucap Lukas Prui.


Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama