Antisipasi kepadatan arus, Polres Semarang akan lakukan rekayasa


Semarang-Pantauan hari ke 2 perayaan Idul Fitri 1445 H di wilayah hukum Polres Semarang, mengalami peningkatan pada jam jam tertentu. Hal ini disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Semarang AKP Arpan SIK. MH. M.Si., Kamis kemarin 11 April 2024 saat memimpin giat rekayasa arus di Simpang Bawen. 


Dihadapan awak media yang juga ikut memantau situasi arus simpang tiga Bawen, AKP Arpan menyampaikan bahwa kondisi kepadatan arus di sejumlah ruas jalan Kab. Semarang terjadi pada jam jam tertentu. 


"Kepadatan arus hingga hari ke 2 hari raya Idul Fitri 1445 H kemarin di wilayah Polres Semarang, terjadi pada jam jam tertentu. Misal nya pada jam 8 pagi tadi ketika sudah ada sinyal arus mulai padat, personel dilapangan langsung melakukan rekayasa. Rekayasa ini dilihat dari volume jumlah kendaraan yang paling banyak dari arah mana, sehingga kami melakukan prioritas rekayasa dapat berjalan efektif." Ungkap Kasat Lantas. 


Disinggung mengenai titik titik rawan macet, Jumat 12 April 2024 AKP Arpan menyampaikan bahwa simpul Bawen atau simpang taman Bawen masih menjadi prioritas. Mengingat di lokasi tersebut merupakan pertemuan 3 arus, baik dari arah Semarang, Solo maupun Jogja. 


"Hingga saat ini Simpang Bawen masih menjadi prioritas kepadatan dan penumpukan arus. Selain itu, Exit tol Bawen, jalur dalam kota Ungaran, lokasi wisata Bandungan dan Jalan lingkar Ambarawa juga menjadi perhatian jajaran Polres Semarang. Dan hari ini Jumat 12 April 2024, Polres Semarang tetap memantau dan menyiapkan personel yg Stand by apabila ada peningkatan volume kendaraan." Tambahnya. 


Pihaknya juga menyampaikan apabila terjadi kepadatan pada Exit Tol Bawen, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dishub Kab. Semarang untuk merubah timer lampu Traffic Light sesuai prioritas Volume arus. 


"Untuk wilayah kota Ungaran lampu Traffic Light sudah di Flashing semua, sebagai antisipasi adanya perpotongan arus. Sedemikian halnya di Exit tol Bawen, kami bersama Dishub Kab. Semarang akan menerapkan skala prioritas Volume arus, dengan merubah settingan Timer pada lampu Traffic Light Exit tol Bawen." Tegasnya. 


Pihaknya memprediksi peningkatan arus balik akan terjadi pada hari Sabtu dan Minggu, dan saat ini arus yang melintas di wilayah Kab. Semarang didominasi oleh wisatawan lokal atau para pemudik yang hendak berkunjung ke sanak keluarga.

Jk_Zed.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama