DANLANUD SIM : SULTAN ISKANDAR MUDA OPEN BASE UNTUK MASYARAKAT ACEH



“Sultan Iskandar Muda Open Base secara umum dibuka untuk masyarakat Aceh, untuk memperkenalkan TNI Angkatan Udara, khususnya Lanud Sultan Iskandar Muda,” ujar Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., saat menyapa para pengunjung yang memadati apron Lanud Sultan Iskandar Muda. Minggu (3/3).

Mungkin, katanya, beberapa hari belakangan ini bapak ibu sekalian dikejutkan suara gemuruh pesawat tempur F-16 Fight Falcon TNI Angkatan Udara yang menghiasi langit Aceh dan jangan takut karena TNI Angkatan Udara tengah melaksanakan patroli udara dalam rangka mencegah pelanggaran wilayah udara ataupun ancaman lain terhadap wilayah NKRI. “Sekarang pesawat tersebut sudah berada dihadapan kita, dapat disaksikan secara langsung lebih dekat sehingga tidak penasaran lagi, “ujarnya sambil tersenyum mengarahkan pandangan pengunjung ke arah pesawat F-16 Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Disampaikan bahwa event ini hanya berlangsung selama dua hari yaitu 2 dan 3 Maret 2019, dimana pada hari pertama telah dilaksanakan Lomba Rangking 1 yang dimenangkan Syahrul siswa kelas 5 SD Lhok Seumeulu, static show pesawat F-16, Helikopter SA-330 Puma dan Heli Bell TNI Angkatan Darat, home flight 2 pesawat F-16 menuju Lanud Roesmin Nurjadin dan demonstrasi SAR Kipan C Yonko 469 Paskhas Banda Aceh. “Kemarin animo masyarakat yang datang di luar perkiraan yang memenuhi apron dan sebagian besar pelajar dari TK sampai SMA, luar biasa antusias masyarakat Aceh,” ujarnya mengapresiasi dan di hari kedua lahan parkir yang telah disediakan panitia dipenuhi kendaraan pengunjung baik roda dua dan roda tiga. “Terima kasih atas kedatangannya dan mari bersama-sama kita menyaksikan alusista serta kemampuan prajurit TNI Angkatan Udara yang professional, militan dan inovatif dalam menjaga, mempertahankan wilayah udara juga keutuhan NKRI,” jelasnya.

Sultan Iskandar Muda Open Base 2019 dihari kedua dimulai dengan fun bike yang diikuti 300 peserta terdiri komunitas sepeda TNI Polri dan pemerintahan, komunitas MTB Aceh, komunitas Road Bike Aceh serta masyarakat umum, kemudian air force run yang diikuti 250 peserta terdiri Sparko Aceh, Indorunner Aceh, Atletik Aceh, Police Runner, personel TNI Polri dan pemerintahan serta masyarakat umum ramaikan olahraga bersama yang dilepas secara resmi Danlanud Sultan Iskandar Muda.

Khusus untuk air force run yang menempuh jarak 7,3 Km, sepuluh pelari pertama yang berhasil memasuki garis finish diberikan souvernir menarik dan uang pembinaan beserta serifikat bagi tiga pelari pertama yaitu Juara I Andi Dutra dari Yon Armed waktu tempuh 24’15”, Juara II Merry Muhammad dari Kesdam IM waktu tempuh 25’47” dan Juara III Rizki dari Yon Kav II waktu tempuh 26’18”, dilanjutkan penanaman pohon dalam rangka Aceh Reului untuk kelestarian lingkungan, pelayanan kesehatan gratis dan donor darah bekerja sama PMI Banda Aceh yang berhasil menyumbangkan 73 kantong darah.

Kemudian dilanjutkan Angkasa Expo 2019 PIA Ardhya Garini Cab.20/D. I Lanud Sultan Iskandar Muda dengan kegiatan lomba mewarnai anak-anak yang diikuti 365 peserta dengan dewan juri Duta Perdamaian Kementerian Sosial RI Bunda Rossi dan Bunda Rian serta pementasan tarian siswa-siswi TK Angkasa Lanud Sultan Iskandar Muda. Tidak lama berselang fokus kegiatan terpusat di apron Lanud Sultan Iskandar Muda yang tengah berlangsung demonstrasi SAR Kipan C Yonko 469 Paskhas yang didukung Helikopter SA-330 Puma Lanud Atang Sendjaja, home flight 2 pesawat tempur F-16 ke Lanud Roesmin Nurjadin, take off pesawat Hercules C-130 Skadron Udara 31Lanud Halim Perdanakusuma, dilanjutkan drumband samudera pasai BP2IP Malahayati dan flypass paramotor Kleueng Flying Club binaan Lanud Sultan Iskandar Muda.

Rangkaian kediatan berlangsung sangat menarik, atraktif, edukatif dan menghibur masyarakat yang hadir memenuhi Lanud Sultan Iskandar Muda. “Luar biasa, ada pesawat tempur, ada helikopter dan Hercules. Sungguh berakhir pekan yang menarik di Blang Bintang ini,” ujar salah satu pengunjung ketika melihat lebih dekat alutsista TNI Angkatan Udara dengan harapan even seperti ini dapat diadakan secara rutin.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama