Tingkatkan Kualitas, Babinsa Petahunan Dampingi Sekolah Lapang Petani




Lumajang  Jatim  -  Sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas petani di wilayah binaan, Babinsa Petahunan Koramil 0821/19 Sumbersuko mendampingi pelaksanaan Sekolah Lapang Petani di Rumah Matraji, Ketua Kelompok Tani Harapan Baru, Dusun Perjuangan RT 03 RW 02 Desa Petahunan, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (03/07/2019).

Agus Jauhari, Kepala BPP Pertanian Kecamatan Sumbersuko dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan sekolah lapang merupakan wujud pelayanan serta peningkatan kualitas petani dalam meningkatkan produktifitas dan pengolahan lahan pertanian.

“Hal yang mendorong dilaksanakannya Sekolah Lapang Petani adalah penganekaragaman ekologi lokal dan peningkatan peranan petani yang harus menjadi ahli di lahannya sendiri,” jelasnya.

“Dalam sekolah lapang ini akan dijelaskan secara detail, serta dilanjutkan dengan praktek langsung di lapangan tentang tata cara pengolahan lahan, pembenihan, penanaman, pemupukan sampai dengan pemanenan,” lanjut Agus.

Sementara itu Babinsa Petahunan, Serda Iswan Dewi Samsukdin menambahkan, bahwa Sekolah Lapang Petani bagi Kelompok Tani Harapan Baru akan dilaksanakan pada hari Rabu setiap minggunya.

“Teori dan praktik dalam pelaksanaan sekolah lapang akan dilaksanakan, dengan harapan setiap anggota kelompok dapat lebih memahami tata cara pengolahan lahan yang baik dan benar, sehingga peningkatan hasil panen dapat terwujud,” tambahnya.

Lebih lanjut dirinya menegaskan, Babinsa merupakan mitra dan pendamping petani, akan selalu siap membantu dan mendampingi petani dalam upaya peningkatan hasil pertanian.

“Diharapkan dengan pelaksanaan sekolah lapang ini, dapat membentuk petani yang tangguh, yang mampu menghadapi dinamika dan tantangan masa depan, sehingga dapat menunjang keberhasilan program ketahanan pangan nasional sesuai dengan harapan pemerintah,” pungkas Serda Iswan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama