Babinsa Tegalrejo Ajak Masyarakat Lestarikan Tradisi Lokal




Lumajang, Jatim - Babinsa Tegalrejo Koramil 0821/18 Tempursari Serma Supriadi mengajak masyarakat untuk melestarikan tradisi sebagai budaya warisan nenek moyang pendahulu.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri ruwat desa yang bertempat di Balai Desa Tegalrejo, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (15/9/2019) malam.

Supriadi juga menyampaikan, di samping untuk melestarikan tradisi leluhur, kegiatan ini juga dapat memupuk silaturahmi, kebersamaan dan kekompakan di lingkungan masyarakat.

"Sebagai bangsa yang besar, hendaknya kita tetap menjunjung dan melestarikan tradisi pendahulu sebagai nilai luhur budaya bangsa," ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Tegalrejo, Sujonomulyo mengatakan, bahwa ruwat desa merupakan salah satu tradisi masyarakat dan warisan leluhur yang sudah dilestarikan dari turun temurun.

Dia menambahkan, kegiatan ini merupakan ikhtiar pengiriman doa agar memohon keselamatan dan sebagai ungkapan rasa syukur atas semua nikmat yang telah dikaruniakan Allah SWT kepada kita semua khususnya warga Desa Tegalrejo.

"Ruwat desa merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun, untuk tahun ini kita isi dengan pementasan tari tradisional dan pagelaran wayang kulit," pungkasnya. (Pendim0821-By).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama