Jelang Ops Bina Kusuma Matoa 2021, Polresta Gelar Lat Pra Ops


Polresta Jayapura Kota - Kepolisian Resor Kota Jayapura Kota menggelar Latihan Pra Operasi Bina Kusuma Tahun 2021 dalam rangka pencegahan kejahatan premanisme, street crime, narkotika dan kejahatan lainnya bertempat di Aula Kapolresta Jayapura Kota. Sabtu (13/3) pagi. 

Lat Pra Ops Bina Kusuma Matoa 2021 dipimpin langsung Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Supraptono, S.Sos., M.Si didampingi Kasat Binmas AKP Piter Kendek, S.Sos., MM yang dihadiri Para Kabag, Kasat, Para Kasubbag, Para Kasie dan Para Perwira dan anggota Polresta Jayapura Kota. 

Dalam kesempatan tersebut Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Supraptono, S.Sos., M.Si menyampaikan didalam Latihan Pra Operasi Bina Kusuma Matoa 2021 meminta agar anggota yang terlibat untuk mengedepankan upaya pencegahan atau preemtif serta upaya pendekatan sesuai wilayah yang telah dipetakan. 

"Tujuan pelaksanaan Bina Kusuma adalah untuk pencegahan terhadap premanisme dan kejahatan lainnya yang meresahkan masyarakat dengan cara melakukan pembinaan terhadap kelompok, komunitas atau bagian dari masyarakat yang cenderung melakukan kejahatan, " Ujarnya. 

Wakapolresta berharap, dengan adanya kegiatan ini kasus kejahatan menurun bukan melonjak, kalau menurun berarti kita berhasil, dimana outputnya adalah kejahatan semakin menurun dan kamtibmas semakin stabil. 

Ditempat yang sama Kasat Binmas AKP Pieter Kendek, S.Sos., MM menyampaikan kegiatan Operasi Bina Kusuma Matoa 2021 akan dilaksanakan selama 15 hari dari tanggal 15 s/d 30 maret mendatang. 

"Sasaran Operasi ini adalah sifatnya preemtif, dimana melakukan pembinaan terhadap kelompok maupun komunitas dan bagian masyarakat sehingga kita dapat melakukan pencegahan terhadap tindak kriminal yang akan terjadi, " Ujarnya. 

Lanjutnya, Operasi ini kegiatan yang bersifat mandiri kewilayahaan, yang dalam kegiatannya tetap berkoordinasi dengan Bag Ops sedangkan pelaksanaan dilapangan adalah dari Satuan Binmas. 

"Walaupun dimas pandemi covid-19, Operasi ini tetap dilaksanakan sehingga personil kesehatan perlu dilibatkan dengan harapan protokol kesehatan merupakan skala prioritas di dalam pelaksanaan operasi bina kusuma matoa 2021," Pungkasnya. (*) 


Penulis   : Andi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama