Jelang Lebaran, Bupati Jember Sidak Pasar Tradisional


Jember - Jelang Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) 1442 Bupati Jember Ir.H.Hendy Siswanto dengan di dampingi Wakil Bupati KH Firjaun beserta seluruh Jajarannya melakukan Sidak ke sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Jember (11/05/2021)

Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar yang di pimpin langsung oleh Bupati bertujuan memantau harga kebutuhan pokok di saat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

“Alhamdulillah, Hari ini kita dapat memantau secara langsung dan bisa langsung berbincang bincang dengan para pedagang terkait harga sembako dan banyaknya pembeli di saat menjelang lebaran.

Terlihat meskipun harga kebutuhan pokok sedikit naik, pembelinyapun juga sedikit meningkat, dan naiknya kebutuhan pokok itu saya rasah masi wajar karena menjelang Hari Raya Idul Fitri,"ucapnya.

Pada kesempatan itu para pedagang,
khususnya yang berada di lantai dua, tak mau kehilangan kesempatan untuk menyampaikan apa yang selama ini menjadi Uneg-Unegnya dari maraknya para ( Pedagan Kaki Lima ) PKL yang berjualan di areal Trotoar dan dibahu jalan di sebelah timur pasar Tanjung.  

"Kami para pedagang sangat keberatan dengan adanya keberadaan mereka, karena sangat berpengaruh dalam larisnya  jualan bagi para pedagang yang berada di lantai dua. Karena para pembeli sebelum masuk dan naik ke lantai dua, barang yang akan di belinya sudah bisa di dapatkan di bawah,"jadi para pembeli enggan mau naik keatas (lantai dua), ujung ujungnya pendapatan kami berkurang dan dirugikan,"terang Halimah ( pedagang ayam potong yang jualan di lantai dua ).

Tak butuh waktu lama, setelah mendengar
apa yang sudah menjadi keluhan para pedagang, (terutama yang berjualan di lantai dua) mendapatkan kegembiraan seperti mendapat angin surga, pasalnya lapak para pedagang yang saat itu marak di pinggir jalan, langsung di renpons oleh Bupati

Bupari Hendy juga menegaskan bahwa para pedagang yang menempati trotoar dan bahu jalan di sekitar pasar Tanjung akan ditertibkan. Prinsipnya, Pemkab Jember ingin mengembalikan fungsi trotoar dan jalan sebagaimana mestinya. karena trotoar bukan untuk tempat jualan, demikian juga jalan. Semua akan kami tertibkan,” ucapnya.

"Tahun ini pihaknya akan mengadakan kajian mendalam terkait rencana penertiban PKL di trotoar serta bahu jalan sekitar pasar Tanjung. Sebab, semua ini harus dipikirkan kelanjutan usahanya, baik pedagang di lantai dua maupun pedagang kaki lima yang menempati trotoar dan jalan di sekitar pasar.

"Kami akan mencari solusi yang terbaik agar tidak ada yang rugikan dan bisa menguntungkan semua pihak,"terang Bupati kepada Pedagang.

Selain sidak harga sembako Bupati juga membagikan masker kepada pengunjung pasar maupun pedagang, yang masih kedapatan belum memakai masker dan terkait fasilitas penunjang prokes seperti tempat cuci tangan yang rusak Bupati menyatakan akan secepatnya segera ada perbaikan,"tutupnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama