Babinsa Koramil Tanjung Palas Hadiri Sosialisasi Karhutla dan Pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA)

 


Tanjung Selor, Danramil 0903-01/Tpl yang diwakili Babinsa Sertu Tugianto hadiri kegiatan Sosialisasi Karhutla dan pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang diadakan oleh BPBD Kab Bulungan yang dipimpin lansung oleh Bapak Dermawan, S.Sos Kepala BPBD Kab Bulungan bertempat di Desa Wonomulyo Kec Tanjung Palas Timur, Jumat (27/5/2022).


Sertu Tugianto mengatakan Masyarakat Peduli Api (MPA) adalah masyarakat yang secara sukarela peduli terhadap pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang telah dilatih atau diberi pembekalan serta dapat diberdayakan untuk membantu kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan. 


Masyarakat yang menjadi anggota MPA nantinya akan diberikan pembekalan teknis bidang pengendalian kebakaran hutan dan lahan, upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.


MPA mempunyai tugas dan fungsi mencegah terjadinya karhutla, melakukan pemadaman awal dan mendukung pemadaman yang dilakukan oleh manggala agni dan/ atau para pihak, meningkatkan kepedulian masyarakat di desanya terkait dalkarhutla dan/ atau upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, melakukan identifikasi upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.


Memberikan informasi terkait kejadian karhutla, Menyebarluaskan informasi peringkat bahaya kebakaran hutan dan lahan, Melakukan penyuluhan secara mandiri atau bersama-sama dengan para pihak lainnya, Melakukan pertemuan secara berkala dalam rangka penguatan kelembagaan.


Diharapkan dengan terbentuknya MPA dan pendayagunaan MPA maka kualitas lingkungan hidup untuk meningkatkan daya dukung lingkungan tetap terjaga melalui menurunnya luas areal kebakaran hutan dan lahan dan tertanganinya kebakaran hutan dan lahan secara cepat dan tepat.


Kita juga akan terus menghimbau kepada warga masyarakat umumnya untuk jangan melakukan pembakaran lahan dan hutan sembarangan apalagi dengan cara dan niat yang disengaja.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama