Polresta Jayapura Kota Gelar Apel Kesiapan Tenaga Tracer dan Vaksinator Covid-19 di Kota Jayapura



Polresta Jayapura Kota - Jajaran Bhabinkamtibmas bersama tenaga medis Polresta Jayapura Kota dan Babinsa melaksanakan apel kesiapan sebagai tenaga Tracer dan Vaksinator Covid-19 di wilayah Kota Jayapura. Selasa (16/2) pagi. 


Apel tersebut dipimpin langsung Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd yang di hadiri oleh Wakil Walikota Ir. H. Rustan Saru, MM, Wakapolresta AKBP Supraptono, S.Sos., M.Si, Para Kabag, Para Kasat dan Para Kapolsek. 


Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd mengatakan bahwa hari ini kita melaksanakan apel kesiapan Bhabinkamas dan tenaga kesehatan polri sebagai tenaga tracer dan Vaksinator covid-19 dikota Jayapura. 


"Menindaklanjuti apel serentak yang sudah dilaksanakan tingkat pusat hingga jajaran provinsi oleh mabes polri dan polda, maka untuk jajaran polda papua khusus pagi hari ini Polresta melaksanakan apel kesiapan tersebut dalam rangka membangun sinergitas bersama TNI Kodim 1701, bhabinkamtibmas dan babinsa guna mendukung kinerja pemerintah kota khususnya dinas kesehatan untuk menelusuri maupun vaksinasi covid-19 kepada masyarakat,"ujarnya.


Lanjut Kapolresta, kita akan memperkuat kembali satuan tugas (satgas) covid-19 sampai ke tingkat pemerintahan terendah yaitu Distrik, Kelurahan dan Kampung sehingga nanti semuanya ikut bekerja dengan harapan dapat menekan angka penyebaran dan memutus mata rantai covid-19 di wilayah kota Jayapura. 


"Untuk tenaga medis Polresta menyiapkan satu unit urusan kesehatan dari poliklinik yang akan mendukung tenaga medis di kota Jayapura namun kita juga mendapat bantuan dari biddokes atau RS Bhayangkara, " Ucapnya. 


"Sedangkan untuk Bhabinkamtibmas akan diterjunkan sebanyak 70 personil yang akan ditempatkan 1 personil di satu kampung dan satu kelurahan ada 3 personil polisi yang akan tergabung dalam pos-pos satgas covid-19 ditingkat kelurahan yang akan bersinergi dengan babinsa, stakeholder lainnya termaksud tokoh masyarakat  dan juga tentunya tenaga medis untuk melaksanakan tugas tracer dan vaksinasi serta berkomitmen melaksanakan metode PPKM Mikro untuk menguatkan kembali instruksi walikota dengan merujuk instruksi Mendagri nomor 3 tahun 2021,"terang Kapolresta. 


Sementara itu di tempat yang  sama Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM mengatakan apresiasi kepada bapak Kapolresta bersama jajarannya yang hari ini melaksanakan apel kesiapan dalam rangka memberikan bekal, pengetahun dan pemahaman kaitan dengan para petugas medis kesehatan dan bhabinkamtibmas yang nanti bertugas dilapangan dalam memberikan tracer dan juga sebagai tenaga vaksinator. 


"Dua hal ini penting karena memang selama ini kita kendala disitu, untuk itu dengan adanya tim vaksinator dan tracer dari Polresta Jayapura Kota maka diharapkan bisa berkoordinasi dan berkaloborasi dengan tim medis atau vaksinator Kota Jayapura sehingga memudahkan untuk mencari mana-mana yang ada kontak maupun yang akan di vaksinasi serta yang akan dirawat, " Ujarnya. 


Lanjut Wakil Walikota, dengan sistem ini nanti kita harapkan, dengan mengacu pada instruksi Mendagri nomor 3 tahun 2021 maka posko akan kita bentuk ditingkat kelurahan sehingga dapat memudahkan kita mengecek wilayah mana yang masuk zona merah, hijau, kuning dan zone orange. 


"Diharapkan dengan bantuan Polri dan TNI serta semua komponen, maka kedepan kita akan lakukan dengan baik sehingga betul-betul penanganan covid-19 di Kota Jayapura dapat teratasi secara bersama-sama, " Pungkasnya. (*) 



Penulis  : Andi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama